Sabtu, 09 Juni 2012

Benarkah Ketindihan Saat Tidur Karena Ulah Makhluk Halus???

Pernah dengar tentang ketindihan saat tidur?? hmm.. sering banget nih aku ngalamin hal kayak gini. nggak tidur siang, malam, pagi atau sore (kebanyakan tidur sih lo!). Saat tidur tiba-tiba badan jadi susah digerakin, meski mata rasanya udah melek tapi tetap aja susah buat bicara apalagi gerakin anggota tubuh yang lain. kata orang-orang tua nih, itu namanya ketindihan makhluk halus (makhluk halus?!! iii serremmm). tapi.. ahh masa' sih? emang sih ada beberapa orang yang gak percaya hal semacam itu.. kalo aku sih ya percaya gak percaya. makanya aku coba cari ke seluruh pelosok dunia maya dan hasilnya adalah....
*tadaaa*

Berdasarkan ilmu medis, keadaan ini (ketindihan) disebut "Sleep Paralysis" atau kelumpuhan tidur. Namun, banyak masyarakat menyebutnya 'erep-erep'. Masyarakat juga selalu mengaitkan kondisi ini karena ulah makhluk halus yang menindih tubuh kita.
Selama tidur aktivitas otot-otot tubuh menjadi tidak bergerak, sehingga menyebabkan kelumpuhan sementara. Biasanya, kelumpuhan tidur diikuti dengan halusinasi. Orang yang mengalami kelumpuhan tidur merasa seperti dicekik, dada sesak, dan badan sulit bergerak.
Secara Psikologis, sleep paralysis berhubungan dengan tidur di tahap REM (Rapid Eye Movement), dimana setelah mengalami tidur REM, mata terbuka namun paralysis tetap bertahan.
Biasanya hal ini mengakibatkan halusinasi. Sleep paralysis terjadi sekitar 2-3 menit. Setelah otak dan tubuh berhubungan kembali, penderita dapat menggerakkan tubuhnya kembali. Namun memori dari sensasi yang mengerikan atau mimpi buruk dapat bertahan lama.
Secara fisiologis, penyebab sleep paralysis belum diketahui secara pasti. Sejauh ini, para psikologis memberikan gambaran umum mengenai penyebab terjadinya sleep paralysis, seperti kebiasaan tidur menghadap ke atas, pola tidur tak tentu, stress, dan perubahan mendadak pada lingkungan atau lifestyle.
Fenomena ini bisa terjadi pada siapa saja. Namun anda tak perlu khawatir, sleep paralysis biasanya tidak berbahaya. (berbagai sumber)

Nah udah tau kan tentang "Sleep Paralysis" atau ketindihan/kelumpuhan tidur. setelah aku tau, aku udah nggak terlalu khawatir lagi (Alhamdulillah yah). Tapi, aku tetap percaya yang namanya Jin atau setan itu pasti ada, dan gangguan dari keduanya juga pasti ada. makanya jangan lupa cuci tangan dan kaki sebelum tidur, dan yang paling penting dari yang terpenting adalah BERDOA sebelum tidur. Ok

0 komentar:

Posting Komentar

Cari Blog Ini

Powered By Blogger